Pendidikan Karakter

Deskripsi

Karakter Del adalah mental dan perilaku untuk selalu setapak lebih maju di dalam upaya-upaya membentuk masa depan yang lebih baik berlandaskan nilai-nilai ber-Tuhan (marTuhan) yang bertakwa, berhati-nurani (marroha) yang tulus, dan bijaksana (marbisuk) yang terpelajar.

Pendidikan karakter adalah proses pendidikan yang bermaksud untuk menanamkan nilai-nilai yang baik seperti: agama, etika, budi pekerti, kesopanan, kedisiplinan, kejujuran, kerukunan dan toleransi.

Penguatan Pendidikan Karakter yang selanjutnya disingkat PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab IT Del untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan perlibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat.

Pembentukan karakter Del adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter Del kepada para sivitas akademika yang meriputi ber-Tuhan,  berhati-nurani, dan bijaksana untuk mengamalkan nilai-nilai tersebut baik dalam pembaharuan sikap, tanggapan personal, dan kepekaan sosial.

Tujuan, Sasaran dan Prinsip Pendidikan Karakter

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bertujuan untuk membentuk dan membekali Peserta Didik seutuhnya dan seimbang yang memiliki dan melaksanakan nilai-nilai agama, moral, kebangsaan yang kuat, hubungan interpersonal yang baik, dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa, dan siap menghadapi dinamika perubahan di masa depan.

Program PPK diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki ciri sikap mental sebagai berikut :

  • Menjunjung tinggi nilai agama, moral, dan etika.
  • Memiliki rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan negara.
  • Menghayati nilai-nilai utama karakter Del dan mengaplikasikannya dalam kehidupan
    sehari-hari.
  • Memiliki rasa ingin tahu (lively curiosity) yang rasional, kritis, dan independen dalam
    memecahkan masalah-masalah masyarakat, bangsa, dan negara.
  • Memiliki sikap mental yang bangga kepada profesi dan ilmu masing-masing untuk
    berperan sebagai agen perubahan
    (agent of change) bagi kemajuan umat manusia.
  • Menjadi pribadi yang memiliki kebiasaan yang sehat (healthy habits), terhindar dari
    pengaruh radikalisme, eksklusivisme, rokok, obat terlarang, minuman keras, pergaulan
    bebas, dan kebiasaan buruk lainnya.
  • Mampu dan terampil serta memiliki rasa percaya diri dan inisiatif untuk berpikir, bertindak
    dengan bertanggung jawab, dan menyampaikan gagasan
    (be able to think for and express
    themselves)
    secara lisan maupun tulisan.
  • Mampu bekerja sama dalam kelompok atau tim.
  • Memperlihatkan sikap toleran dan hormat kepada dosen, tenaga administrasi, sivitas
    akademika lain, dan masyarakat lainnya serta memiliki kemauan untuk berbagi dan
    membantu orang lain.
  • Memiliki rasa dan sikap kepedulian terhadap lingkungan.

Nilai-Nilai Karakter

PPK dilaksanakan dengan menerapkan :

  • Nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.
  • Nilai-nilai utama karakter Del terdiri dair nilai-nilai ber-Tuhan (marTuhan) yang bertakwa, berhati-nurani (marroha) yang tulus, dan bijaksana (marbisuk) yang terpelajar
  • Nilai-nilai terapan karakter Del terdiri dari beriman, dedikatif, peduli, berintegritas, produktif, bertanggung-jawab, berakal budi, inovatif dan tangguh

Program Penguatan Pendidikan Karakter

Penyelenggaraan PPK dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan :

  • Intrakurikuler;
  • Kokurikuler;
  • Ekstrakurikuler;
  • Kehidupan Asrama

Penyelenggaraan PPK dalam kegiatan Intrakurikuler sebagaimana dimaksud pada poin pertama merupakan penguatan nilai-nilai karakter melalui kegiatan penguatan materi pembelajaran di dalam kelas dengan metode pembelajaran sesuai dengan muatan kurikulum

Penyelenggaraan PPK dalam kegiatan Kokurikuler sebagaimana dimaksud pada poin kedua merupakan penguatan nilai-nilai karakter yang dilaksanakan untuk pendalaman dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler sesuai muatan kurikulum, yang dapat dilakukan di luar kampus

Penyelenggaraan PPK dalam kegiatan Ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada poin ketiga merupakan penguatan nilai-nilai karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian Peserta Didik secara
optimal. Kegiatan Ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada poin ketiga meliputi kegiatan krida, karya ilmiah, latihan olah bakat/olah minat, dan kegiatan keagamaan ataupun kebudayaan.

Kegiatan kehidupan keasramaan sebagaimana dimaksud pada poin keempat merupakan penguatan nilai-nilai karakter melalui hidup tertib, berbudaya, dan ceria di dalam asrama dan kantin maupun dalam bentuk kegiatan belajar secara mandiri ataupun interaksi langsung maupun melalui telepon dan media sosial dengan keluarga dan masyarakat yang ada di sekitar asrama termasuk menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan masyarakat di sekitar asrama

Tahapan Program PPK

Pembinaan karakter dilaksanakan secara berkesinambungan terhadap mahasiswa selama
mengikuti kegiatan pendidikan di IT Del dan berstatus sebagai mahasiswa IT Del, yakni
sejak dinyatakan diterima sampai diyatakan lulus.
Pada saat awal masuk IT Del, seorang mahasiswa wajib mengikuti Program Pembentukan
Karakter Del selama satu semester.
Selanjutnya, untuk mempertahankan nilai-nilai yang tertanam dalam diri mahasiswa, setiap
Program Studi dan Pembina Keasramaan wajib mengadakan kegiatan pembinaan karakter.
Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan (3)
dapat mempertimbangkan:

  • kecukupan dosen atau pendidik dan tenaga kependidikan
  • ketersediaan sarana dan prasarana;
  • kearifan lokal.

Pembinaan karakter di Program Studi minimal 10 (sepuluh) jam pembelajaran yang
dilaksanakan minimal satu kali setiap semester bagi seluruh mahasiswa di Program Studi
yang selanjutnya dikenal dengan Pembinaan Karakter Berbasis Akademik
Pelaksanaan kegiatan di atas, dikoordinir oleh Ketua Program Studi dan dosen wali
pada tiap-tiap angkatan.
Pembinaan karakter di asrama meliputi rutin harian, rutin mingguan, dan pembinaan seperti
berbagi rasa (sharing) antara penghuni dan pemimpin Asrama sesuai kebutuhan, info
khusus menyangkut etika dan profil mahasiswa, ceramah dengan topik aktual sesuai
kebutuhan, pelatihan khusus, retreat bersama sesuai kebutuhan, studi wisata dalam rangka
memperluas wawasan, kerja kelompok, dan lainnya yang dikembangkan sesuai kebutuhan.
Pelaksanaan kegiatan ayat di atas, dikoordinir oleh koordinator keasramaan dan
bekerjasama dengan bagian kemahasiswaan pada tiap-tiap asrama ataupun angkatan.
Setiap mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pembinaan karakter oleh Program Studi dan
Keasramaan.
Bagi mahasiswa yang lalai dalam mengikuti kegiatan sebagaimana diatur sebelumnya, diberikan sanksi yang diatur pada Surat Keputusan.